“BARISAN ULAMA PEMBELA SUNNAH NABAWIYYAH” Ust. Arif Fathul Ulum, Lc

by admin
0 comment

 

بسم الله الرحمن الرحيم

إن الحمد لله ، نحمده ونستعينه  ونستغفره ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا .

من يهده الله فلا مضل له ، ومن يضلل فلا هادي له ، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له ، وأشهد أن محمداً  عبده ورسوله.

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ}(آل عمران:102)

{يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيراً وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيباً}(النساء:1)

 {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيداً . يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزاً عَظِيماً} (الأحزاب:70-71) .

وبعد

Segala puji bagi Alloh yang telah menjadikan di setiap zaman para ulama sebagai pewaris para Rasul, menunjukkan orang-orang yang sesat kepada petunjuk, membawa mereka dari kegelapan kepada cahaya, dan menghidupkan orang-orang telah mati hatinya dengan Kitabullah.

Sholawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Kita Muhammad e beserta keluarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang mengikuti jalan mereka hingga hari kiyamat.

Sesungguhnya pemaparan perikehidupan para ulama adalah hal yang sangat bermanfaat bagi umat Islam, karena dia adalah tali yang menghubungkan antara masalalu dengan masakini, menghasung para generasi berikutnya agar menauladani sifat-sifat agung yang dimiliki oleh para ulama, pemaparan biografi para ulama akan memberikan pengetahuan kepada para penuntut ilmu tentang keadaan para ulama, sirah mereka, fiqih mereka, keilmuan mereka, ketakwaan mereka, dan keshalihan mereka agar generasi berikutnya menempuh jalan mereka dan mendapatkan keutamaan mereka.

Dengan memaparkan perikehidupan para ulama maka generasi berikutnya akan menyadari bahwa umat Islam ini tidaklah mencapai kejayaan kecuali dengan taufiq dan pertolongan Alloh, kemudian dengan kegigihan dan jerih payah para pendahulu mereka, jika jerih payah ini terus berlanjut maka berlanjutlah kejayaan, adapun jika tidak maka runtuhlah kejayaan umat ini.

Demikian juga di antara kewajiban umat kepada para ulama adalah mencatat keadaan-keadaan mereka yang agung, mengabadikan keutamaan-keutamaan dan kebaikan-kebaikan mereka di lembaran-lembaran sejarah, serta menjaga karya-larya ilmiyyah mereka yang meupakan sumbangan terbesar mereka kepada Islam dan kaum muslimin.

Para pemikir dan ulama senantiasa menaruh perhatiaan yang besar kepada biografi para ulama, biografi para ulama merupakan lampu penerang di sepanjang jalan, yang dengan perantaraan mereka, orang yang berjalan malam dapat meniti jalan dan musafir yang ingin mencapai tujuan pun dapat menatap langkah dengan benar.

Di dalam lembaran-lembaran berikut ini kami sajikan kepada para pembaca bunga rampai perikehidupan para ulama pembela sunnah nabawiyyah, dengan harapan agar kita bisa mengenal lebih jelas sosok mereka dan menauladani gerak langkah mereka.

Di antara metode yang kami tempuh di dalam memaparkan biografi para ulama ini adalah berusaha mengambilnya dari rujukan yang otentik dan terpercaya, karena selama ini banyak hal-hal yang tidak shahih dinisbahkan kepada para ulama oleh para penulis biografi ulama, penisbahan hal-hal yang tidak benar ini di samping menafikan amanah ilmiyyah juga bisa menyesatkan umat yang telah menjadikan para ulama sebagai figur yang ditauladani.

Bahkan ada sebagian orang menulis biografi seorang ulama atau memaparkan cuplikan sebagian kehidupan mereka dengan maksud untuk melegalkan pemikirannya yang menyeleweng, dia tampakkan kepada umat bahwa ada ulama yang sepemikiran dengannya, seperti yang dilakukan oleh website islamtoday yang meluncurkan sebuah tulisan berjudul Imam Ahli Sunnah  yang menggambarkan kehidupan Imam Ahli Sunnah Ahmad bin Hanbal sebagai seorang yang melawan penguasa !!!

Padahal Al-Imam Ahmad bin Hanbal adalah seorang imam yang masyhur dengan kegigihannya menempuh manhaj Rasulullah e dan para sahabatnya dan penyeru kepada manhaj tersebut dengan perkataannya, perbuatannya, sikap-sikapnya, dan seluruh kehidupannya.

Al-Imam Ahmad bin Hanbal selalu mengajak manusia agar selalu taat kepada penguasa selagi mereka belum keluar dari Islam, bahkan mengharamkan memberontak kepada penguasa muslim dengan cara apapun sesuai dengan manhaj yang digariskan oleh Rasulullah e dan diterapkan oleh para sahabatnya.

Di lain pihak banyak dari para ulama pembela sunnah yang di mata umat sebagai tokoh kebid’ahan, seperti Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani dijadikan figur oleh thariqah qadiriyyah dengan kisah karomah-karomahnya yang banyak didustakan kepadanya.

Di sisi lain banyak sekali pemilik-pemilik kesesatan yang melontarkan tuduhan-tuduhan batil dan fitnah-fitnah kepada para ulama pembela sunnah, seperti Ibnu Bathuthah dalam tuduhan-tuduhan batilnya kepada Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, Ahmad Zaini Dahlan dalam kedustaan-kedustaannya kepada Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, demikian juga para hizbiyyun yang begitu banyak melontarkan kedustaan-kedustaan kepada para ulama salafiyyin seperti Syaikh Abdul Aziz bin Baz, Syaikh Al-Albani, Syaikh Muhammad Aman Al-Jami, dan yang lainnya.

Semoga tulisan yang sangat bersahaja ini bisa memaparkan perikehidupan yang shahih dari para ulama pembela sunnah dan sekaligus bisa menepis tuduhan-tuduhan batil yang dilontarkan kepada mereka, dan semoga kita semua bisa menempuh jalan yang lurus yang telah ditempuh oleh mereka dan berakhlak yang mulia sebagaimana akhlaq mereka.

و آخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين

Kediri, 4 Dzul Qa’dah 1426 H

            6 Desember 2005 M

Arif Fathul Ulum bin Ahmad Saifullah

Penulis

Related Posts

Leave a Comment